Friday, March 30, 2018

Cara Mengamankan Akun Gmail Agar Tidak Dibobol

Cara Mengamankan Akun Gmail Agar Tidak Dibobol - Gmail atau Google Mail merupakan sebuah layanan surel gratis milik google, dan di seluruh dunia sudah hampir seluruh manusia menggunakan gmail untuk keperluan pengiriman data, file, dokumen dan lain-lain.
Semua data atau file yang di kirim pun banyak ragamnya baik itu data pribadi, resmi, bahkan data negara, namun hal yang sangat di sayangkan banyak orang yang menggunakan email tapi tidak menjaganya dengan baik dan terlalu menganggap sepele untuk keamanan email mereka, hal ini dapat mengakibatkan seorang penyusup atau pun orang yang tidak ada hak mengakses email yang kita miliki.


Pengamanan Email
Sebuah pengaman sangat di perlukan karena agar tidak ada yang orang yang menyusup dan membobol akun email atau pun Gmail yang kita miliki, ada beberapa cara untuk meminimalisir terjadinya pembobolan aku Gmail.

1. Gunakan Password Yang Kuat.
Hal ini sangat perlu di perhatikan, jangan pernah membuat password dengan nama dan tanggal lahir karena hal ini sangat mudah untuk di tebak orang lain, karena penggunaan password dengan tanggal lahir atau pun nama sudah hampir seluruh dunia menggunakan itu, dan saya ramal anda pasti juga menggunkan tanggal lahir untuk membuat password bukan? Password yang kuat adalah password yang sekiranya susah untuk di tebak dan mengkombinasikan angka, simbol dan huruf agar pasword bisa menjadi kuat dan susah untuk di ingat orang lain.


2.  Jaga Kerahasiaan Password.
Maksud saya adalah anda jangan pernah memberikan password anda kepada orang lain bahkan kepada teman anda sendiri, karena bisa saja mereka berbuat usil dan menggunakan email anda dengan hal - hal yang buruk.


3. Gunakan Nomor Telp
Memasukan nomor telepon pada Gmail anda juga termasuk salah satu pengamanan terbaik untuk menghindari pencurian akun gmail, karena jika dia ingin login atau ingin mengganti password maka akan di butuhkan verifikasi dari kode yang di kirimkan ke nomor telepon.

4. Verifikasi 2 Langkah.
Ini sama seperti memasukan nomor telp , verifikasi 2 langkah adalah fitur tambahan oleh google untuk keamanan gmail. Biasanya saat anda login anda hanya memasukkan alamat email dan password, benar bukan? Nah jika saat anda mengaktifkan fitur ini, ketika anda ingin memasukkan alamat email dan password anda, google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mengirimkan kode melalui SMS (paling umum) atau melalui panggilan telepon.

5. Jangan Save Password di Browser.
Hal ini termasuk hal yang paling banyak orang lakukan, karena menyimpan passwordnya di browser, saat anda login ke suatu situs seperti twitter, facebook, Gmail, dan lainnya jangan pernah anda menyimpan password anda atau save password karena hal ini bisa akan mengakibatkan orang lain dapat mengetahui password anda jika dia menggunakan perangkat laptop anda.
Salah satunya mozila firefox, karena mozila firefox sangat muda untuk melihat password yang tersimpan. baca disini untuk melihat password yang tersimpan di mozilla BACA

2 comments:

  1. Gan kalo save pasword dibrowser komputer sendiri bahaya gx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga berbahaya gan, karena bisa saja teman yang meminjam komputer anda melakukan hal itu. usahakan jangan pernah menyimpan password di browser.

      Delete

Silahkan berikan komentar yang baik.