Monday, March 12, 2018

Cara Mudah Menyembunyikan File Atau Folder Dengan CMD (Command Prompt)

Cara Mudah Menyembunyikan File Atau Folder Dengan CMD (Command Prompt) - Bagi anda yang ingin data-datanya tidak ingin di lihat oleh orang lain, tetap aman, tidak di rusak atau pun di curi oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
saya punya solusinya, yaitu anda harus menyembunyikan agar mereka yang usil atau pun yang berniat jahat tidak dapat mengetahui dimana anda meletak folder anda yang penting itu di simpan atau lebih tepatnya (file rahasia).



Ada banyak cara untuk menyembunyikan file/folder anda agar bisa di sembunyikan, anda harus menyembunyikannya dengan software tertentu yang di khusus kan untuk menyembunyikan file atau folder anda, juga bisa anda menyembunyikannya dengan cara : 
klik kanan pada folder/file > Pilih Properties > ceklis Hidden pada menu General lalu apply
maka folder anda tidak akan bisa di lihat oleh orang lain, dan cara untuk melihatnya kembali silahkan anda klik pada file > lalu pilih option> lalu pilih menu View > pilih "Show hidden files, folder, and drivers" pada "Hidden file and folder" dan klik apply jika sudah, maka folder atau file yang anda sembunyikan tadi akan tampil kembali tetapi kelemahannya file ini juga akan terbaca jika di cari melalui pencarian file atau pun melalui pengaturan folder option agar bisa menampilkan file yang tersembunyi tadi (hidden).

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara yang lebih efektif untuk menyembunyikan file atau folder anda agar tidak bisa di ketahui orang lain. dan trik ini saya menggunakan CMD (Command Prompt) hasilnya akan membuat anda terpuaskan karena tidak akan ada yang bisa mendeteksi folder atau file yang anda sembunyikan bahkan tidak akan mempan dengan cara pengaturan "Show All Hidden Files or Folders".

Langsung saja kita buka CMD pada pencarian windows anda atau bisa juga dengan cara
- Tekan tombol Windows+R untuk membuka Run menu
- Ketik CMD dan Enter untuk membuka atau menjalankan Commant Prompt.
  (kali ini contohnya saya akan menyembunyikan folder test pada drive D:\)
- Silahkan anda ketikkan pada Command Prompt attrib +s +h D:\test lalu enter


- Untuk melihat apakah folder anda tadi berhasil di sembunyikan atau tidak silahkan anda cek dahulu pada drive D:\ atau drive dimana folder anda seharusnya berada tadi.
- Jika folder anda sudah tidak nampak atau sudah berhasil di sembunyikan selamat anda sudah berhasil menyembunyikannya dari tangan yang tidak bertanggung jawab.
- untuk memunculkannya lagi anda tinggal ketikkan lagi pada CMD dengan attrib -s -h D:\test
 
Jika anda ingin bertanya kenapa folder atau file anda bisa tersembunyi tapi tidak dapat di cari melalui pencarian file atau dengan cara pengaturan "Show All Hidden Files or Folders".
itu di karenakan sebenarnya file/folder yang di hidden tersebut sudah menjadi file/folder sistem di komputer anda , secara default windowns sudah di atur menyembunyikan
semua file sistem agar tidak di modifikasi maka dari itu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di ingin kan.
Sekian dulu tutorial dari saya silahkan di coba dan silahkan anda menggan ti D:\test dengan dengan drive dan folder anda ingin sembunyikan. Silahkan komentar di bawah jika ada pertanyaan.

2 comments:

  1. Thank bro, DBFWeb folder saya jadi lebih aman

    ReplyDelete
  2. owalah jadi gitu ya gan cata nyembunyikan file, Thanks gan

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar yang baik.